Posted in Pendidikan Komputer, Tugas

Praktikum Penkom 3

yak, kembali lagi bersama saya di praktikum penkom yang membuat saya rasanya pengen beli modem atau ganti provider 😒

Skip!!

Oke, jadi kemaren itu kita belajar tentang beberapa fitur pada windows yang jarang terjamah oleh pengguna awam, contohnya saya..

Fitur fitur ini pada windows 7 bisa ditemukan di menu accessories pada start up (start up -> all programms -> accessories). Tapi pada windows 8.0 yang sudah tidak menampilkan tombol start up di desktop, cara paling mudah menemukan fitur tersebut adalah dengan search programm



Tuh tinggal diketik aja nama programmnya

Sebelum lanjut, kita belajar cara kompresi file dulu. Kompresi file itu prinsipnya sama kaya kalau mau bikin folder baru, cuma formatnya rar atau zip dengan size filenya jadinlebih padat, kompresi





Sekarang, balik ke fitur-fitu yang tadi.. Jadi fitur2 yang tergabung dalam system utitilies ini menghilang di windows 8 keatas.. Jadi kita pakenya windows 7 ya.. Minjem laptop tetangga dulu

Oke, fitu pertama yang akan kita bahas judulnya adalah Command Promp. Ini adalah fitur yang secara otomatis akan membuat kamu terlihat sedang mengerjakan pekerjaan yang sangat rumit walau sebenarnya yang kamu lakuin cuma buka folder doang..



Itu adalah tampilan dari command promp. “C:\users\user>” itu menunjukkan lokasi dimana si command akan dilakukan. Kalau ini berarti buka aja secara berurutan (drive C -> users -> user)

Sekarang misal kamu pengen bikin folder baru. Kalau dengan cara biasa kamu tinggal klik kanan, new folder kan. Tapi kalau pake command promp kamu pake kode 2 tertentu untuk bikinnya..



Md adalah perintah untuk bikin folder baru, ‘md try’ artinyan kamu mau bikin folder baru dengan judul try. Bisa diliat yang ditunjukin sama kursor pada gambar di atas, itu adalh folder try yang dibuat dari command md tadi. Sekarang misal kita mau hapus  lagi foldernya, kodenya adalah ‘rd’ tinggal ketik ‘rd’ terus judul file yang mau kamu apus,



Nah ,, ilang kan folder trynya

Ada banyak command 2 yang bisa kamu lakukan dengan fitur ini, tapi ya kamu musti tau kode untuk setiap commandnya apa. Untuk tau beberapa contohnya, kamu bisa ketik help untuk menunjukkan beberapa command umum yang bisa dipakai di fitur ini, selebihnya bergantung pada kemampuan bahasa inggris kamu.





Selanjutnya ada disk defragmenter. Inti dari fitur ini adalah mengelompokkan file2 yang sejenis tapi lokasinya berantakan. File file ini biasa muncul kalau kita menjalankan suatu programm. Komputer kita akan mengingat perintah saat kita menjalankan programm tersebut dengan membentuk suatu file yang biasa kita sebut dengan cache. Hal ini bisa mengu tungjan, karena saat dike udian hari kita melakukan perintah yang sama, komouter akan memrosesnya lebih cepat karena ada cache tadi. Tapi kalau cachenya udah numpul bgt, malah bikin lola. Disinilah fungsi disk defragmenter, dia akan menyatukan file file yang terpisah tadi



Untuk mengetahui seberapa berantakkannya komputer kamu, pilih aja analyze disk.. Tapi disini saya nggak akan mencobanya karena ini laptop orang,, heheh

Selanjutnya adalah task scheduler. Disini kamu bisa memberi suatu perintah terjadwal. Misal tiap kamu buka laptop kamu pengen ada yang message yang menyambut kamu, misal…



Ini adalah tampilan task scheduler. Untuk bikin task baru kamu klik create new task yang diarahin sama kursor pada gambar di atas..



ini yang akan muncul, misal ya kita mau bikin welcome note. Selanjtnya pilih menu bar ‘action’ untuk menentukan perintah macam apa yang kamu mau..



karena kita mau mau ada note yang muncul, pilih display message.. Ini sangat berguna kalau kamu butuh reminder pas kamu lagi kerja tugas..



Ketik note yang ingin kamu munculin nanti, terus tentuin kapan waktu munculnya dengan klik menu bar Trigger



Udah deh, tinggal di set sekebutuhan kamu, inginnya muncul kapan note tadi itu. Ada juga pilihan pilihan lainnya, misal perintah untuk buka program secara otomatis dan lainnya.. Cobain aja satu-satu, kalau udah gak mau, bisa dihapus kok tasknya..

Nah, itu tadi beberapa hal yang saya pelajari dari praktikumyang ketiga kemaren..

Nggak gitu lengkap sih, yaaah~ apa daya.. 

Maafkan saja ya, terimakasih~!!

Advertisements

Author:

Biology college student | Oranger | Illegal citizen of Gublernation | Cassie S1 Buddy Carat | @ifahoren on instagram

2 thoughts on “Praktikum Penkom 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s