Posted in caption, friends, photos, school, slice of life

Colloquium

Saya gatau dFotor_145993643800748an agak nggak peduli juga definisi Internasional dari “Colloquium” itu sebenarnya apa. Tapi berdasarkan kamus besar Departemen Biologi IPB yang mungkin atau juga tidak mungkin akan di tulis oleh saya sendiri, Colloquium atau Kolokium adalah kegiatan super penting yang akan mendekatkan diri anda kepada kelulusan. Kegiatan ini berupa presentasi rencana penelitian anda yang disertai sesi tanya jawab dengan para audiens. Kegiatan ini tidak akan tercapai kalau anda tidak memiliki setidaknya 20 orang teman yang rela memberikan 20 menit dari waktunya yang berharga hanya untuk mendengarkan anda berbicara di depan kelas walau belum tentu mereka benar-benar peduli pada apapun itu yang anda bicarakan.

Saya, melalui kolokium ini, telah membuktikan, bahwa setidaknya saya memiliki 20 orang teman yang rela melakukan hal tersebut. Saya bersyukur.

Beberapa hari yang lalu (lebih tepatnya 5 hari yang lalu) saya akhirnya melangsungkan kolokium. Ya.. AKHIRNYA. Demi melangsungkan hal ini, saya telah melewati bulan-bulan penuh perjuangan dan kebaperan. Ada tepatnya 99 mahasiswa Biologi 49. Sampai tanggal 6 April 2016, tercatat 97 orang telah melangsungkan kolokium. Itu artinya tersisa 2 orang lagi yang belum juga melangsungkan kolokium. Saya dan seorang lagi. Saya nyaris menjadi orang terakhir yang melangsungkan kolokium kalau kemaren saya gagal lagi kolokium. Tapi tidak… kali ini saya berhasil.

Penelitian saya tentang…

Ah… NGGAK JADI!
jangan ngomong jorok disini! jangan bahas itu disini!!
Pokonya kamu udah selelsai kolokium fah. Untuk sekarang, itu yang PENTING!!

anyway, tulisan ini dibuat untuk semua pihak yang telah berpartisipasi dalam rangka menyukseskan Kolokium saya tanggal 7 kemaren itu. Untuk mas-mas fotokopian makaira yang dengan lihainya telah ngeprinin naskah kolokium saya dengan sangat cantik, ibu dan mas TU yang udah daftarin saya kolokium dan bantuin ngomong ke koordinator kolokium, super kue yang ‘menyediakan’ suguhan di hari H, kedua dosen pembimbing saya yang cantik jelita tiada tara, ibu moderator yang nggak banyak komen soal presentasi saya, dan tentunya teman-teman semua yang rela jauh-jauh ke Fapet dan naik pula ke Lantai 5 hanya untuk menyaksikan saya ngomong di depan kelas selama 20 menit. Terima kasih untuk kalian semua.

Juga buat geng de Taura, beribu cinta untuk do’a-do’a yang kalian ketik di grup WA kita. Dan buat mama yang setia menanti hasil selfie pasca kolokiumnya.

Ini baru kolokium, tapi makasih-makasihnya udah kayak menang piala oscar.

Fotor_146003533841684
Aftermath Photo

 

Diajak foto padahal masih blank itu sama sekali nggak keren..
Tapi kalian lah yang telah memberikan kekuatan ketika kaki ini sangat leleus selepas kolokium.
untuk itu, sekali lagi.. Terima kasih ^_^

Author:

Biology college student | Oranger | Illegal citizen of Gublernation | Cassie S1 Buddy Carat | @ifahoren on instagram

7 thoughts on “Colloquium

      1. Masih bisa dikejar biar bisa lulus 5 setengah tahun kan Fah? Kalau bisa, setidaknya ente lebih baik daripada ane yang lulus genap 6 tahun, hehe..

        Dan kalau ente akhirnya lulus, ane mau mengulang respon ente dulu saat ente akhirnya tahu ane dah lulus..

        “Finally!~” XD

        Like

Leave a Reply

