Posted in caption, event, slice of life, thoughts, video

Happy New Year

Sudah genap 4 tahun ifah melewati tahun baru di Dramaga. Pertama sadar pas tingkat 2 bahwa di sini tahun baru dirayakan dengan cara yang berbeda, dengan meriah dan rame. Dan itu menarik karena selama di Bandung, malam tahun baru selalu terlewati tanpa ada kesan seperti malam-malam lainnya.

Mungkin kalau ada orang Bandung yang baca ini, bakal mikir. Ini orang tinggal di Bandung belahan mana yak? Asaan Bandung kalau malem taun baru pasti heboh, langit malam terang benderang, dan macet di setiap penjuru kota.

Yah, itu juga bener sih. Kalau yang dibicarakan adalah Tahun Baru Masehi. Yang identik dengan terompet, kembang api warna-warni, dan pesta-pesta di tengah malam hingga dini hari. Tapi yang ifah bicarakan adalah Tahun Baru Hijriah. Yang identik dengan… ya.. yang jelas tidak identik dengan hal-hal yang disebutkan sebelumnya.

Selaku anggota Rohis di sebuah SMA IT di Bandung, siang hari menjelang malam tahun baru ifah dan teman-teman selalu sibuk. Apakah itu ngadain acara di sekolah atau apalah itu. Tapi ya yaudah. Gitu aja.  Malamnya di kompleks rumah, tetap sunyi senyap seperti malam-malam di hari-hari lainnya. Dan besoknya nggak ada perubahan apa-apa. Karena tanggalan hijriah bukanlah tanggal yang umum digunakan sehari-hari.

Baru pas tingkat 2 pas kuliah di antah berantah (lebay) inilah, malam tahun baru berasa ‘meriah’.

Awalnya kayak shock gitu… Ini ada kerusuhan apaan warga keluar rumah berbondong-bondong menuhin jalan sambil bawa obor api dan berbagai macam alat pentungan. Kan kaget ya, kirain mau ada demo atau apa gitu…

Tapi ternyata saudara-saudara, setelah dilihat dan didengarkan dengan lebih seksama. Warga-warga ini terlihat bahagia dan ucapan yang terlontar pun tidak lain dan tidak bukan adalah lantunan shalawat. 

And I was like..

Wow… They really put everything on this new year thing. And they do this every year? Wooow.

And yes! They did it again this year!

Ifah sedang membeli makan malam dan tiba-tiba pawai ini lewat meramaikan jalan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, para warga dari berbagai kalangan, kakek nenek bapak ibu hingga bocah, obor yang menyala-nyala di tangan, lantunan lagu shalawat, pukulan rebana dan alat musik lainnya. Everybody looks happy and it seems fun.

Mungkin hal yang agak disayangkan adalah, kita, mahasiswa, yang notabenenya ‘numpang’ tinggal di daerah situ, nggak menjadi bagian dari kemeriahan itu. Sekedar jadi massa penonton di pinggir jalan. Atau mungkin sebenernya ada juga mahasiswa yang ikutan dan ifahnya aja yang apatis. Hmm.. Bisa jadi.

Anyway, ini adalah kesempatan terakhir ifah bisa menyaksikan kemeriahan yang disajikan oleh warga daerah sini di malam tahun baru. Hopefully, beneran terakhir karena, ifah, namanya keterlaluan kalau tahun depan kamu masih ‘ngadem’ di sini.

Oh ya, 1 lagi. Ifah punya grup WA yang judul grupnya pake tanggal hijriah dan setiap hari ada orang yang bertugas ngeganti tanggal di judul itu. Jadi lumayan agak rame di grup itu tadi. 

Iya sih.. Mungkin dengan ritual seperti itu ada aja yang lempar argumen it’s a waste, rasulullah tidak pernah mencontohkan,bidah dan lainnya. 

Ya.. Boleh aja beropini. Kalau ifah pribadi tidak melihat hal tersebut sebagai sesuatu yang buruk sih despite everything. Well, it’s nice to see that some people are actually excited to welcome the new year while most of us doesn’t care nor even remember. Dan kemeriahan ini, anggaplah sebagai reminder bagi mereka para muslim yang mungkin lupa, bahwa di dunia ini, yang namanya tahun baru nggak cuma tahun baru masehi dan tahun baru china.

Jadi.. Selamat tanggal 1 Muharram 1438 H 😊

Advertisements

Author:

Biology college student | Oranger | Illegal citizen of Gublernation | Cassie S1 Buddy Carat | @ifahoren on instagram

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s