Posted in birthday, caption, event, friends, graduation project, october, school, slice of life, traditional art, water colour

Trio [I]P[B]GII: 7 Years and counting

Apa itu “[I]P[B]GII”?

“[I]P[B]GII” adalah istilah yang dicetuskan oleh Ulfah. Istilah ini merupan persatuan dari 2 buah institusi pendidikan yang pernah (dan masih) kami jadikan sebagai tempat menimba ilmu.
Halah.. Ribet amat fah~

Intinya mah, itu teh maksudnya IPB + PGII gitu. IPB as you know, Institut Pertanian Bogor. Sebuah Perguran Tinggi Negeri yang kampusnya tersebar di seluruh penjuru wilayah Bogor (ini rada lebay, tapi ykwim) dan saat ini dengan bangga ifah nyatakan sebagai Kampus Tercintah~ โค Dan PGII. PGII alias Persatuan Guru Islam Indonesia. Merupakan Yayasan tempat ifah menghabiskan 3 tahun yang (harusnya sih katanya sih) menjadi masa paling indah. 

Jadi ceritanya, trio itu adalah Ifah, Ulfah dan Ratih.

Kami bertiga ketemu di PGII dan ketika lulus kami bertiga diterima kuliah di kampus yang sama. Di IPB.

Pertama kalinya sekolah merantau. Untung aja nggak sendirian.

Selama 4 tahun di IPB kami ber-3 suka cari-cari alasan dan curi-curi kesempatan buat makan bareng dan ngegosip (nggak gosip banget sih..). Pernah juga ajakin warga “[I]P[B]GII” yang lain. Para senior, junior atau yang seangkatan. Tapi hanya 1 kali dan agendanya tidak berlanjut. Susah nentuin jadwal, pada sibuk, lalu menyerah pada keadaan (halah~). Kami ber-3 juga bukannya sering banget kumpul sih. Sekali dua kali, banyak kalinya sih wacana aja. Maklum~ namanya juga mahasiswa.

Hari Senin, tanggal 19 Desember kemaren kami kumpul lagi. Dan kemungkinan besar ini kumpul kami yang terakhir sebagai Mahasiswa di kota hujan ini. Harapannya, kumpul selanjutnya kami sudah jadi Sarjana di kota kembang. Ah ya.. Pas kemaren itu Ulfah udah bukan mahasiswa lagi sih..

Iya..

Jadi kumpul kemaren itu kami merayakan 3 hal yang berbeda. Wacananya sih udah dari 2 bulan lalu buat merayakan 1 hal doang. Baru terealisasi kemaren dan hal yang harus dirayakan sudah bertambah 2.

3 hal yang kami rayakan kemaren: ulang tahun ifah di bulan Oktober, sidang Ratih di bulan November, dan wisuda Ulfah di bulan Desember. Padat sekali agenda kami…

Mereka, ratih dan ulfah, ternyata punya hadiah buat ifah. Hadiah ulang tahun dari 2 bulan lalu.

Birthday Present~ ๐ŸŽ

Itu dia hadiahnya. Sketch book merk Canson yang kabarnya harganya mahal dan kertasnya amazing.

Pas dibuka, ternyata halaman pertamanya sudah terisi

Page One. For me

Itu lettering bikinan ulfah. Itu boneka burung hantu apaan? Iya.. Kenalin, nama dia Bowl, salah satu penghuni kasur ifah. Hadiah ulang tahun dari ulfah dan ratih juga tahun lalu.

Trio “[I]P[B]GII”

Kumpul malam itu harus diakhiri menjelang jam 21.00 karena Ratih ada jam malam.
Besoknya, malam ini.. Ifah memutuskan untuk mencoba gambar di sketch book baru itu.

Posted on Instagram (@ifahoren): Dec 20th, 2016
[caption below]

[KERTAS MAHAL MAH BEDA]

1st page for me

2nd page for you guys~ ๐Ÿ˜—

You have no idea how grateful I am to have such friends that know exactly what I want and what I like.. Bahkan nggak sampai hati meneteskan tinta pertamanya ๐Ÿ˜ข

Hahahah ๐Ÿ˜‚

#abaikanlatarbelakangsepreidansarungbantal

Udah gitu aja..

Makasih gaes~ ๐Ÿช๐Ÿ˜†๐Ÿช

Dan benarlah adanya. Kertasnya memang amazing sekaliiiiii~ ๐Ÿ˜† saking Amazingnya ifah merasa harus bikin 1 posting khusus buat bahas betapa amazingnya sketch book ini.
Intinya, I’m happy with my birthday present ๐Ÿ˜„

Anyway,

Semoga next time kita kumpul.. Well, kita tunggu saja seperti apa nantinya ๐Ÿ˜Š

Advertisements
Posted in birthday, caption, fan art, friends, ootd, school, traditional art, water colour

November Face

Apa ini apa ini ๐Ÿ˜ƒ

Sebenernya ada gambar lain yang bisa dipost. Tapi sekarang. Malam ini. Detik ini.. Pengennya post dua gambar ini ๐Ÿ˜

Dua gambar? Dua orang? Yah apapun disebutnya lah ๐Ÿ˜…

Mbak Jonas

Kenapa namanya mbak jonas? Itu nama samaran~ Nama aslinya nggak ada jonas-jonas-nya sama sekali. Usut punya usut, kabarnya di panggil jonas gegara jaman SMA dulu nge-fans berat sama Jonas Brother. Iya gak mbak? Ifah inget mbak pernah cerita ini di bus ๐Ÿ˜…

Mbak Jonas adalah October Person, tapi jadi November Face karena… Digambarnya bulan November~ (alasan ๐Ÿ˜)

Jadi ceritanya mbak Jonas pernah kode buat gambarin. Tapi kodenya baru nyampe ketika mbak Jonas ngepost gambar rapim terakhir sambil mention ifah. Pada saat itu, kode itu tersampaikan ๐Ÿ˜„

Dan kode yang tersampaikan, harus direalisasikan~ begitulah asal usul dari gambar ini. 

Siapakah Mbak Jonas sesungguhnya?

Mbak Jonas adalah mbak-mbak yang kenalnya gegara kenalan di Ager. Masih misteri bagaimana kisahnya Ifah dan Mbak Jonas bisa saling mengenal (bukan misteri sih.. Emang udah gak inget aja first encounter kita kayak apa ๐Ÿ˜…). Mbak Jonas adalah sekretaris Kementerian Jakgrikom. Pas tau, orang orang udah pada manggil Mbak Jonas aja, tanpa Ifah tau nama asli Mbak Jonas sebenernya siapa. Jadi ikut-ikutan aja manggil Mbak Jonas. Sekarang kalau ada yang manggil Mbak Jonas pake nama aslinya suka nggak ngeh maksudnya teh Mbak Jonas. Kayak misalnya tiba-tiba orang sekret nanya, “Ada yang liat Tyas nggak?” . Terus loading dulu, ada yang namanya Tyas di sini yah? ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Weheheh.. Berarti Mbak Jonas brandingnya sukses mbak~

Mister President, Bapak Danang Setiawan yang kemaren (26 November) baru ulang tahun yang ke-23.

Makhluk Hits, Mahasiswa No.1 se IPB raya selama 1 tahun kebelakang. Mungkin sampai hari ini juga masih No.1 karena No.1 yang baru belum mampu menyaingi.

Sebenernya tau Danang udah lama. Gara-gara fakultasnya segedung dan kalau lagi bareng Ira atau Midel suka nyapa-nyapa dulu mereka. Jadi dulu udah sering liat Danang. Tapi saat itu, di mata seorang Ifah, Danang hanyalah anak Fapet yang temennya Ira dan Midel ๐Ÿ˜…

Kemudian tiba-tiba dia nyalon jadi presma bersama wakilnya yang bahkan namanya baru ifah dengar pada saat itu. Di otak ifah, wooh~ temennya Ira sama Midel mau jadi Presma ๐Ÿ˜ฎ

Dan.. Kemudian dia pun beneran jadi Presma.

Kemudian ifah pun akhirnya kenalan sama Danang, gegara di Ager. Figur Danang-pun di mata ifah berubah, menjadi Bapak Presiden Mahasiswa andalan orang-orang.

Sebagai seseorang yang sebelumnya nggak begitu peka terhadap politik kampus #halah , Danang menjadi Presiden Mahasiswa pertama yang benar-benar Ifah sadari keberadaan dan pengaruhnya. Presma sebelum-sebelumnya, ya~ Ifah sebatas cukup tau wajah dan nama aja. Apalagi Presma berikutnya, mungkin nggak akan banyak merasakan kepemimpinannya gegara IFAH AKAN SEGERA LULUS. Gak ada maksud apa-apa sama para Presma se-IPB raya. Tapi inilah kenyataannya ๐Ÿ˜… Mungkin ini efek kerja satu tahun atas nama Kabinet Ager di bawah pimpinan seorang Danang Setiawan.

Tanggal 10 November kemaren, Danang sudah resmi melepas jabatannya sebagai Presiden. Yang demisioner padahal Danang-Mogi doang~ kita mah ngikut aja ๐Ÿ˜ƒ

Anyway, Happy Birthday Mr. President~

Posted in caption, digital art, friends, graduation project, school

Wisuda (tapi bukan ifah)

Hari ini kampus tercinta kembali mengadakan wisudaaa~

Kabarnya, wisuda hari ini adalah wisuda periode I bagi angkatan 49. Artinya… Ini adalah wisuda perdana yang ย mewisudai anak 49~ wow wow wooooow

Wisuda kali ini nggak ada yang spesial, karena ifah tidak diwisuda kali ini. Tapi bagi beberapa orang di luar sana, bisa jadi wisuda kali ini adalah wisuda yang spesial. Karena mungkin, hari ini dia diwisuda, atau anaknya diwisuda, atau kakaknya, atau adeknya, atau keponakannya, atau om dan tantenya, atau ayah dan ibunya, atau istrinya, atau suaminya, atau temannya, atau musuhnya, atau pacarnya, atau gebetannya, dan atau atau lainnya, diwisuda hari ini.

Hmmm.. Jadi sebenernya, mungkin wisuda kali ini juga bisa jadi spesial bagi ifah, karena..ย beberapa dari beberapa orang yang menganggap wisuda kali ini spesial, adalah teman ifah~

Teman 1. Eka Fitriani

wp-image-1681845377jpg.jpg

Namanya Eka Fitriani. Secara resmi menjadi anak biologi 49 pertama yang diwisuda. Ketemu eka pertama kali….. Nggak inget. Kenal eka pertama kali…. Nggak inget juga. Ngobrol sama eka pertama kali… Pun nggak inget. Sebenernya sama eka nggak bisa dibilang akrab. Frekuensi ngobrolnya nggak banyak. Nggak pernah hang out bareng juga. Cuma inget waktu praktikum biokimia sekelompok sama eka. Anaknya rajiiiiin banget, kerjanya rapih dan cepet. Super cantik dan anggun. Senantiasa tersenyum dan baik hati serta tidak sombong.

Selamat atas wisudanya eka. Nggak akrab di bio, mungkin di masa depan kita diakrabkan oleh Allah. Siapa tau~

Teman 2. Alfi Nurul Syahidah

wp-image-64058546jpg.jpg

Alfi yang putih, kecil dan imut kayak moci. Kalau nggak ngomong mukanya jutek, kalau udah ngomong nggak bisa berenti. Kalau lagi mager, tidak ada yang bisa menghalau. Kalau lagi semangat, tidak ada yang bisa menghentikan. Apalagi kalau urusannya menyangkut DANUS.

The Queen of DANUS Birena.ย Kalau soal danusan, alfi jagonya.ย 

Kenal alfi di Birena. Terus, udah deh. Birena mempersaudarikan kita~ heheheh.

Jadi akhwat pertamaย di keluarga Sawah Birena yang diwisuda. Nice fiiii~ ๐Ÿ‘

Teman 3. Rahmat Hidayat

wp-image-519874375jpg.jpg

Rahmat, dimana ada rahmat, di situ ada ajiz. Loh.. Muncul nama ajiz. Nggak boleh bahas ajiz di sini, ajiz belum wisuda soalnya~ hahahah.

Rahmat.. Hemmm apa ya tentang rahmat??

Rahmat juga kenal di Birena. Waktu tahun pertama di Birena, Rahmat anak prokas. Dulu Rahmat jadi ketua pelaksana Ngarojong ka Lembur. Abis itu… Rahmat jadi Kabid FP. Lalu.. Rahmat menjadi satu di antara dua orang anak 49 yang menjadi anggota PSDM. Ini suatu gebrakan besar!!! Dan kini, rahmat menjadi Kabid PSDM.

Begitulah sepak terjang Rahmat yang bisa ifah ingat ๐Ÿ˜…. Maaf Rahmat, ifah nggak begitu punya banyak kenangan (halah) tentangย Rahmat. Ifah hanya ingat kita pernah maksimal banget waktu danus tajil Ramadhan pas tingkat 2. Itu kocak ๐Ÿ˜‚

Walau sudah wisuda, jangan lupa masih jadi Kabid PSDM. Jangan hilang dulu karena kita belum demisioner~ heheheh..

Teman 4. Tri Fauzi Nurhuda

wp-image-682163501jpg.jpg

Bisa kenal sama oji adalah suatu keajaiban. Dipertemukan di suatu kepanitiaan yang nggak kalah ajaibnya, saat sudah menyandang gelar sebagai mahasiswa tingkat akhir.

Oji, suatu hari datang di bawa oleh Fadli (siapa dia?) untuk join di tim kita. Jadi satu-satunya orang di tim yang bukan anak AGer. Pasti kadang-kadang Oji roaming sama obrolan kita. Maafin ya Oji. Tapi Oji cepat akrab sama kita. Bahkan saat pertama kali ketemu di PKM Centre, langsung enak diajak ngobrol. Ternyata Oji adalah pendahulu ifah di Kemdik. Sesepuh. ์„ ๋ฐฐ. Hahahah~ Pertama kali ifah dikenalkan ke Oji sebagai “sekretarisnya Insan” (ini juga siapa?).

Oji yang selalu belain ifah kalau lagi diomelin. Oji yang senantiasa gercep dan suka tiba-tiba muncul entah dari mana. Oji yang terus semangat menghadapi segala interview. Oji yang pasti bisa diandalkan.

Walau baru terhitung bulan kenal sama Oji, banyak kejadian seru yang sudah dilewati bersama Oji. Ifah merasa beruntung bisa kenal sama Oji.

Oji yang selama kepanitiaan selalu satu langkah di depan kita, kini sudah 2 sampai 3 langkah lagi lebih jauh.ย Jangan lari cepet-cepet ji, susah ngejarnya ๐Ÿ˜….ย 

Selamat wisuda Oji. Semangat bisnisnya. Semoga sukses dan jangan lupa dateng kalau giliran ifah wisuda~

๐Ÿ’›๐Ÿ’›๐Ÿ’›

Itulah beberapa teman ifah yang telah melewati spesialnya hari ini.

Pas tadi keliling keliling di sekitar GWW, ternyata ada beberapa teman lain juga yang wisuda hari ini dan ifah baru tau tadi.

Ada putri sofhia, teman sekelas waktu kelas 7. Ada silmi, teman SD yang sebenernya waktu SD nggak pernah ngobrol sama sekali.

Selamat wisuda kalian~

Dan selamat wisuda bagi semua orang yang merasa telah diwisuda hari ini~ ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Kalian semua luar biasa.

Posted in random, school, thoughts

Random time

Jadi beberapa teman hari ini mengumumkan tanggal mereka seminar/sidang sekalian minta doa dan semangat gitu

Beberapa teman lain ngapdet foto selebrasi di IG abis seminar dan sidang

Despite no matter how much I am happy for them and support them and congratulate them..

That feeling the kids these days called with baper, is still there

Lingering

Haunting

It makes me feel bad…

Am I a bad person ๐Ÿ˜ฑ???!!!

But anyway,

I sincerely happy for you guys~

Yeay~

Posted in caption, friends, photos, school, slice of life

Colloquium

Saya gatau dFotor_145993643800748an agak nggak peduli juga definisi Internasional dari “Colloquium” itu sebenarnya apa. Tapi berdasarkan kamus besar Departemen Biologi IPB yang mungkin atau juga tidak mungkin akan di tulis oleh saya sendiri, Colloquium atau Kolokium adalah kegiatan super penting yang akan mendekatkan diri anda kepada kelulusan. Kegiatan ini berupa presentasi rencana penelitian anda yang disertai sesi tanya jawab dengan para audiens. Kegiatan ini tidak akan tercapai kalau anda tidak memiliki setidaknya 20 orang teman yang rela memberikan 20 menit dari waktunya yang berharga hanya untuk mendengarkan anda berbicara di depan kelas walau belum tentu mereka benar-benar peduli pada apapun itu yang anda bicarakan.

Saya, melalui kolokium ini, telah membuktikan, bahwa setidaknya saya memiliki 20 orang teman yang rela melakukan hal tersebut. Saya bersyukur.

Beberapa hari yang lalu (lebih tepatnya 5 hari yang lalu) saya akhirnya melangsungkan kolokium. Ya.. AKHIRNYA. Demi melangsungkan hal ini, saya telah melewati bulan-bulan penuh perjuangan dan kebaperan. Ada tepatnya 99 mahasiswa Biologi 49. Sampai tanggal 6 April 2016, tercatat 97 orang telah melangsungkan kolokium. Itu artinya tersisa 2 orang lagi yang belum juga melangsungkan kolokium. Saya dan seorang lagi. Saya nyaris menjadi orang terakhir yang melangsungkan kolokium kalau kemaren saya gagal lagi kolokium. Tapi tidak… kali ini saya berhasil.

Penelitian saya tentang…

Ah… NGGAK JADI!
jangan ngomong jorok disini! jangan bahas itu disini!!
Pokonya kamu udah selelsai kolokium fah. Untuk sekarang, itu yang PENTING!!

anyway, tulisan ini dibuat untuk semua pihak yang telah berpartisipasi dalam rangka menyukseskan Kolokium saya tanggal 7 kemaren itu. Untuk mas-mas fotokopian makaira yang dengan lihainya telah ngeprinin naskah kolokium saya dengan sangat cantik, ibu dan mas TU yang udah daftarin saya kolokium dan bantuin ngomong ke koordinator kolokium, super kue yang ‘menyediakan’ suguhan di hari H, kedua dosen pembimbing saya yang cantik jelita tiada tara, ibu moderator yang nggak banyak komen soal presentasi saya, dan tentunya teman-teman semua yang rela jauh-jauh ke Fapet dan naik pula ke Lantai 5 hanya untuk menyaksikan saya ngomong di depan kelas selama 20 menit. Terima kasih untuk kalian semua.

Juga buat geng de Taura, beribu cinta untuk do’a-do’a yang kalian ketik di grup WA kita. Dan buat mama yang setia menanti hasil selfie pasca kolokiumnya.

Ini baru kolokium, tapi makasih-makasihnya udah kayak menang piala oscar.

Fotor_146003533841684
Aftermath Photo

 

Diajak foto padahal masih blank itu sama sekali nggak keren..
Tapi kalian lah yang telah memberikan kekuatan ketika kaki ini sangat leleus selepas kolokium.
untuk itu, sekali lagi.. Terima kasih ^_^